Rabu, 24 Februari 2010

PENYEBAB ADHD

Para ilmuwan tidak yakin apa penyebab ADHD, meskipun banyak studi menunjukkan bahwa gen memainkan peran besar. Seperti banyak penyakit lain, mungkin ADHD hasil dari kombinasi faktor. Selain genetika, para peneliti sedang melihat kemungkinan faktor-faktor lingkungan, dan sedang mempelajari bagaimana cedera otak, gizi, dan lingkungan sosial mungkin memberikan kontribusi untuk ADHD.

a.Gen

Warisan dari orangtua kita, gen adalah "cetak biru" untuk siapa kita. Hasil dari beberapa studi internasional menunjukkan bahwa ADHD kembar sering berjalan dalam keluarga. Para peneliti sedang melihat beberapa gen yang dapat membuat orang lebih mungkin mengembangkan gangguan ini. Mengetahui gen yang terlibat mungkin suatu hari membantu para peneliti mencegah gangguan sebelum gejalanya berkembang. Belajar tentang gen-gen spesifik juga bisa mengarah pada pengobatan yang lebih baik.

Anak-anak dengan ADHD yang membawa versi tertentu gen tertentu memiliki jaringan otak tipis di daerah-daerah di otak yang berkaitan dengan perhatian. Penelitian NIMH ini menunjukkan bahwa perbedaan itu tidak permanen, bagaimanapun, dan sebagai anak-anak dengan gen ini tumbuh dewasa, otak dikembangkan untuk tingkat normal ketebalan. Gejala ADHD mereka juga meningkat.

b. Faktor-faktor lingkungan.

Penelitian menunjukkan suatu potensi hubungan antara merokok dan konsumsi alkohol selama kehamilan dan ADHD pada anak-anak. Selain itu, anak-anak prasekolah yang terpapar timah tingkat tinggi, yang kadang-kadang dapat ditemukan di pipa perlengkapan atau cat di bangunan tua, mungkin memiliki risiko yang lebih tinggi berkembang ADHD.

c. Cedera otak.

Anak-anak yang mengalami cedera otak dapat menunjukkan beberapa perilaku yang mirip dengan ADHD. Namun, hanya sebagian kecil anak-anak dengan ADHD telah mengalami cedera otak traumatis.

d. Gula.

Gagasan bahwa gula halus menyebabkan gejala ADHD atau membuat lebih buruk adalah populer, tapi lebih penelitian diskon teori ini daripada mendukungnya. Dalam sebuah studi, peneliti memberikan makanan yang mengandung baik anak-anak gula atau pengganti gula setiap hari. Anak-anak yang menerima gula tidak menunjukkan perilaku yang berbeda atau belajar kemampuan daripada mereka yang menerima pengganti gula. Studi lain di mana anak-anak diberi lebih tinggi daripada rata-rata jumlah gula atau pengganti gula menunjukkan hasil yang sama.

Dalam studi lain, anak-anak yang dianggap sensitif oleh gula-ibu mereka diberi pengganti gula aspartam, juga dikenal sebagai Nutrasweet. Walaupun semua anak mendapatkan aspartam, setengah ibu mereka diberitahu anak-anak mereka diberi gula, dan setengah lainnya diberitahu anak-anak mereka diberi aspartam. Para ibu yang mengira anak-anak mereka mendapat nilai gula mereka sebagai lebih hiperaktif daripada anak-anak lain dan lebih kritis terhadap perilaku mereka, dibandingkan dengan ibu-ibu yang mengira anak-anak mereka menerima aspartam.

e. Makanan aditif.

Penelitian Inggris terbaru menunjukkan kemungkinan adanya hubungan antara konsumsi makanan tertentu seperti buatan warna tambahan atau pengawet, dan peningkatan aktivitas. Riset adalah cara di bawah untuk mengkonfirmasi temuan dan untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana aditif makanan dapat mempengaruhi hiperaktivitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar