Kamis, 29 April 2010

Perjalanan Penyakit dan Prognosis Gangguan Defisit-Atensi

Perjalanan penyakit GDAH agak bervariasi. Gejala dapat menetap sampai masa remaja atau kehidupan dewasa, gejala dapat menghilang pada pubertas, atau hiperaktivitas mungkin menghilang, tetapi penurunan rentang atensi dan masalah pengendalian impuls mungkin menetap.

Overaktivitas biasanya merupakan gejala pertama yang menghilang dan distraktibilitas adalah yang terakhir. Remisi kemungkinan tidak terjadi sebelum usia 12 tahun. Jika remisi memeang terjadi, biasanya terjadi antara usia 12 dan 20 tahun. Remisi dapat disertai dengan masa remaja dan kehidupan dewasa yang produktif, hubungan interpersonal yang memuaskan, dan relatif sedikit sekuela yang bermakna. Tetapi, sebagian besar pasien dengan GDAH mengalami remisi parsial dan rentan terhadap gangguan kepribadian antisosial dan gangguan kepribadian lain dan gangguan mood. Masalah belajar seringkali terus ada.

Pada kira-kira 15 sampai 20 persen kasus, gejala GDAH menetap sampai masa dewasa. Mereka dengan gangguan mungkin menunjukan penurunan hiperaktivitas tetapi tetap impulsif dan rentan terhadap kecelakaan. Walaupun pencapaian pendidikan mereka adalah lebih rendah dari orang tanpa GDAH, riwayat pekerjaan awal mereka adalah tidak berbeda dari orang dengan pendidikan yang sama.

Anak-anak dengan GDAH yang gejalanya menetap sampai masa remaja adalah berada dalam risiko tinggi untuk mengalami gangguan konduksi. Kira-kira 50 persen anak-anak dengan gangguan konduksi akan mengembangkan gangguan kepribadian antisosial di masa dewasanya. Anak-anak dengan kedua GDAH dan gangguan konduksi juga berada dalam risiko mengalami gangguan berhubungan dengan zat.

Secara keseluruhan, hasil akhir GDAH pada masa anak-anak tampaknya berhubungan denga jumlah gangguan konduksi yang menetap dan faktor keluarga yang kacau. Hasil yang optimal tampaknya dipermudah dengan menghilangkan agresi anak dan dengan memperbaikai fungsi keluarga sedini mungkin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar