Kamis, 29 April 2010

Diagnosis Banding Gangguan Defisit-Atensi

Suatu kumpulan temperamental yang terdiri dari tingkat akrivitas yang tinggi dan rentang perhatian yang pendek harus dipertimbangkan pertama kali. Membedakan karakteristik temperamental tersebut dari gejala utama GDAH sebelum usia 3 tahun adalah sulit, terutama karena bertumpangtindihnya ciri-ciri sistem syaraf pusat yang imatur secara normal dan timbulnya tanda gangguan visual-motorik-perseptual yang seringditemukan pada GDAH.

Kecemasan pada anak perlu diperiksa. Kecemasan mungkin menyertai GDAH sebagai ciri sekunder, dan kecemasan sendiri mungkin dimanifestasikan oleh overaktivitas dan distraktibilitas.

Banyak anak dengan GDAH memiliki depresi sekunder sebagai reaksi terhadap frustasi terus menerus yang dirasakan mereka terhadap kegagalan mereka untuk belajar dan rasa rendah diri mereka. Kondisi tersebut harus dibedakan dari gangguan depresif primer, yang kemungkinan dibedakan oleh hipoaktivitas dan menarik diri.

Seringkali, gangguan konduksi dari berbagai jenisnya harus dibedakan dari GDAH, karena anak-anak mungkin tidak mampu membaca atau mengerjakan matematika karena gangguan belajar, bukanny inatensi. Tetapi, gangguan defisit-atensi/hiperaktivitas sering ditemukan bersama-sama dengan salah satu atau lebih gangguan belajar, termasuk gangguan membaca, gangguan matematika, dan gangguan ekspresi menulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar