Kamis, 29 April 2010

Diagnosis Banding Gangguan Menentang Oposisional

Karena perilaku oposisional adalah normal dan adaptif pada stadium perkembangan tertentu, periode negativisme tersebut harus dibedakan dari gangguan menentang oposisional. Perilaku oposisional stadium perkembangan adalah memiliki durasi yang pendek dibandingkan gangguan menentang oposisional dan tidak lebih sering atau lebih kuat dibandingkan yang terlihat pada anak lain dengan usia mental yang sama.

Gangguan menentang oposisional yang terjadi secara sementara sebagai reaksi terhadap stres yang berat harus didiagnosis sebagai gangguan penyesuaian.

Jika ciri-ciri gangguan menentang oposisional tampak selam perjalanan gangguan konduksi, skizofrenia, atau selama suatu gangguan mood, diagnosis gangguan menentang oposisional tidak boleh dibuat.

Perilaku oposisional dan negativistik mungkin juga ditemukan pada gangguan menentang oposisional, gangguan kognitif, dan retardasi mental. Apakah diagnosis bersama gangguan menentang oposisional harus diberikan adalah tergantung pada keparahan, meresapnya, dan lamanya perilaku tersebut.

Beberapa anak kecil yang mendapatkan diagnosis gangguan menentang oposisional memerlukan waktu beberapa tahun untuk memenuhi kriteria gangguan konduksi. Beberapa penliti percaya bahwa dua gangguan tersebut merupakan varian perkembangan satu sama lainnya, dengan gangguan konduksi merupakan perkembangan alami dari gangguan menentang oposisional jika anak menjadi matur. Tetapi, sebagian besar anak dengan gangguan menentang oposisional selanjutnya tidak memenuhi kriteria untuk gangguan konduksi, dan sampai seperempat anak-anak dengan gangguan menentang oposisional tidak memenuhi diagnosis untuk kedua gangguan setelah beberapa tahun kemudian. Secara keseluruhan, konsensus terakhir menyatakan bahwa, walaupun gejala tertentu gangguan konduksi (sebagai contohny, berkelahi dan menggertak) tampaknya terjadi pada anak-anak dengan gangguan menentang oposisional, dua gangguan tetap terpisah berdasarkan gangguan anak secara keseluruhan, dengan gangguan menentang oposisional menghasilkan disfungsi yang lebih sedikit dibandingkan gangguan konduksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar